Danau Kelimutu Wisata Pulau Flores

Satu lagi keajaiban alam yang dipunyai Indonesia. Kesempatan ini obyek wisata alam yang dapat disebut begitu mengagumkan ini ada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Ada di puncak satu gunung dengan nama yang sama, Danau Kelimutu menarik perhatian banyak wisatawan dalam serta luar negeri.

Danau Kelimutu

Pada tanggal 26 Februari 1992, Danau Kelimutu masuk dalam lokasi Taman Nasional Kelimutu, satu taman nasional paling kecil dari enam taman nasional yang ada di lokasi Bali serta Nusa Tenggara. Obyek wisata ini ada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1. 690 mtr. diatas permukaan laut. Danau Kelimutu terbagi dalam tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang tidak sama.

Terkecuali di kenal dengan nama Danau Kelimutu, obyek wisata ini dikenal juga sebagai Danau Tiga Warna. Satu fenomena alam yang begitu mengagumkan lantaran tiga kawah dengan jarak yang berdekatan, tetapi mempunyai warna air yang tidak sama. Warna air danau biasanya yaitu merah, putih serta biru, tetapi dapat beralih jadi hijau, hitam serta coklat, atau macam warna yang lain. Uniknya, waktu beberapa peneliti coba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa ada warna.

Ketiga danau ini dipisahkan oleh tebing batu curam yang gampang longsor, hingga wisatawan diinginkan dapat melindungi jarak aman waktu ada di ruang sekitaran danau. Waktu yang pas untuk bertandang ke obyek wisata ini yaitu pada bln. Juni – Agustus karena hujan condong tak turun hingga medan yang perlu dilalui terhitung aman.

Bila menginginkan memperoleh panorama paling baik dari Danau Kelimutu, berangkatlah mendaki pada jam 2-3 pagi dari Moni yang disebut desa paling dekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, Anda dapat melihat panorama matahari terbit diatas Danau Kelimutu yang mengagumkan indah. Janganlah lupa mempersiapkan kamera, ya.

Bagaimana dapat pergi mendaki sepagi itu? Di Moni serta sebagian desa sekitaran ada banyak penginapan. Dengan bermalam di lokasi paling dekat dengan obyek wisata ini, pastinya bakal mempermudah Anda dalam persiapan mendaki.

Lokasi Taman Nasional Kelimutu juga jadi habitat untuk sebagian type binatang serta tumbuhan. Sebagian salah satunya bahkan juga nyaris punah seperti burung hantu Wallacea, elang Flores serta kancilan Flores.

Histori Danau Kelimutu

Kehadiran Danau Kelimutu pertama kalinya diketemukan pada th. 1915 oleh seseorang Belanda bernama Van Such Telen. Waktu itu ia menyampaikan pada warga sekitaran kalau di puncak Gunung Kelimutu ada tiga buah danau dengan warna merah, putih serta biru. Warga tidak gampang yakin lantaran tiga warna yang dijelaskan Telen sama juga dengan warna bendera Belanda. Hingga lalu warga menunjukkan sendiri kehadiran Danau Kelimutu.

Keindahan obyek wisata ini makin popular sesudah dirangkum dalam satu lukisan karya Y. Bouman pada th. 1929. Mulai sejak waktu itu, keindahan serta kekhasan Danau Kelimutu makin terkenal serta mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Mitos Danau Kelimutu

Ketiga danau yang tidak sama warna di puncak Gunung Kelimutu ini mempunyai nama semasing. Warga setempat yakin kalau danau ini adalah tempat bersemayam jiwa-jiwa dari orang yang wafat.

Nama ketiga danau ini diantaranya Tiwu Ata Mbupu sebagai tempat jiwa-jiwa orangtua yang wafat, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai sebagai tempat jiwa-jiwa orang muda yang wafat, serta yang paling akhir yaitu Tiwu Ata Polo sebagai tempat jiwa-jiwa orang jahat yang wafat. Tiwu sendiri dalam bhs setempat bermakna danau.

Dari ketiga danau itu, yang seringkali beralih warna yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Menurut warga setempat, hal semacam ini bisa saja lantaran jiwa yang tempati danau ini masihlah muda serta labil hingga memengaruhi pergantian warna air danau.

Pergantian warna mungkin saja pertanda

Warga setempat yakin kalau pergantian warna yang berlangsung di Danau Kelimutu dapat jadi tandanya jelek bakal terjadinya satu bencana di Indonesia. Menurut mereka, hal semacam ini pernah berlangsung sekian kali, salah satunya pada th. 1992 serta 2004.

Pada th. 1992, satu diantara danau beralih jadi coklat kemerahan seperti hati ayam. Selang beberapa saat, berlangsung gempa bumi di Flores yang mengonsumsi banyak korban jiwa. Hal yang sama berlangsung pada th. 2004 dimana Aceh diterjang tsunami serta menyebabkan sangat banyak korban jiwa.

Menurut warga sekitaran, Danau Kelimutu mempunyai kemampuan magis yang mengagumkan besar. Hal semacam ini bikin danau begitu dikeramatkan. Warga juga kerapkali mengadakan upacara atau ritual spesial dengan membawa sesaji sebagai persembahan dengan maksud memohon keselamatan serta keberkahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s